Metode pembelajaran adalah teknik penyajian yang dikuasai guru untuk
mengajar atau menyajikan bahan pelajaran untuk mengajar atau menyajikan bahan
pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual atau secara
kelompok agar pelajaran tersebut dapat lebih mudah dipahami, diserap serta
dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Metode yang digunakan biasa nya terdiri
dari berbagai macam jenis yang disesuaikan dengan karakter kelas serta bahan
ajar yang akan di ajarkan.
Pada pembelajaran matematika ada beberapa jenis metode yang bisa digunakan
dalam proses pembelajaran, dimana metode tersebut harus diaplikasikan sesuai
dengan materi yang akan dipelajari. Tentu
nya metode yang digunakan harus jauh dari kata membosankan, terkadang
sebagian guru menggunakan metode yang itu-itu saja, terkesan monoton dan hanya
menjadikan siswa tersebut menjadi pasif di kelas. sebaiknya gunakan metode yang
menjadikan siswa lebih aktif dan memberikan kebebasan kepada mereka untuk
mengeksplor daya imajinasi mereka, menjadikan proses pembelajaran tersebut
menjadi dekat dengan kegiatan mereka sehari-hari.
Metode yang akan digunakan bukan lah metode yang sembarangan, metode
tersebut harus memiliki beberapa syarat yang tentunya patut disebut layak
diaplikasikan di kelas ataukah tidak, syarat dari penggunaan metode adalah
sebagai berikut :
1. Metode yang digunakan harus dapat membangkitkan motivasi siswa, minat atau
gairah belajar.
2. Metode belajar yang digunakan harus
dapat menjamin perkembangan kegiatan kepribadian siswa
3. Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mewujudkan hasil karya nya.
4. Dapat merangsang keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut, melakukan
eksplorasi dan inovasi
5. Dapat mendidik siswa dalam teknik belajar sendiri dan cara memperoleh
pengetahuan melalui usaha pribadi
6. Dapat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap-sikap utama yang
diharapkan dalam kebiasaan cara bekerja yang
baik dalam kehidupan sehari-hari
Beberapa jenis
metode yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran adalah :
a. Metode ceramah adalah suatu cara penyampaian materi matematika kepada
peserta didik melalui komunikasi lisan oleh pendidik di dalam kelas. metode ini
biasa diaplikasikan pada materi yang banyak memberikan informasi berupa
definisi, pembuktian rumus.
b. Metode ekspositori adalah metode pembelajaran yang digunakan dengan
memberikan terlebih dahulu definisi, prinsip dan konsep materi pelajaran serta
memberikan contoh-contoh latihan pemecahan masalah. Salah satu pengaplikasiaan
metode ekspositori pada pembelajaran dalil pythagoras tentang segitiga
siku-siku, mungkin bentuk terakhir c2=b2+a2
sudah disajikan(belajar menerima), tetapi siswa memahami rumus itu selalu
dikaitkan dengan sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku jadi ia belajar secara
bermakna, siswa lain memahami memahami rumus c2=b2+a2
dari pencarian(belajar menemukan) kemudian ia menghafal tanpa dikaitkan
dengan sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku maka jadinya ia belajar menghafal
c. Metode demonstrasi adalah metode penyajian pembelajaran dengan memperagakan
dan mempertunjukan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda
tertentu baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruang yang sering disertai dengan
penjelasan lisan. Biasa diaplikasikan pada penggunaan masalah atau soal-soal
konkret atau yang ada dalam pikiran siswa
d. Metode drill dan latihan adalah metode yang mengutamakan kemampuan untuk
menghafal fakta-fakta matematika serta menyelesaikan persoalan dengan cepat
dengan cepat. Metode drill dan latihan bisa di aplikasikan di seluruh materi
pembelajaran salah satunya pada materu keliling dan luas segitiga
e. Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan
yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa tetapi dapat pula dari
siswa kepada guru. Pengaplikasiannya pada seluruh materi pembelajaran dan
dilakukan sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
f. Metode Discovery adalah metode pembelajaran matematika dimana siswa
dituntut untuk menemukan hal-hal yang baru seperti konsep, teorema, rumus, pola
dan aturan matematika. Metode discovery diaplikasikan pada bangun ruang sisi
lengkung.
Metode apapun yang akan digunakan sejatinya adalah metode yang baik dan
bermanfaat bagi siapa saja dan yang lebih baik adalah menggunakan metode
pembelajaran dengan bijak agar dapat terlaksana proses pembelajaran yang
diharapkan dan tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar